sistem penilaian UTBK
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Rincian Agenda Dan Biaya SBMPTN 2021

Biaya dan jadwal pengumuman SBMPTN 2021 tentu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para calon mahasiswa yang sudah mengikuti UTBK 2021!. UTBK-SBMPTN 2021 terbuka untuk semua calon mahasiswa termasuk siswa yang mungkin gak lolos SNMPTN 2021. Untuk SBMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN.

Alur SBMPTN

Sebelum mengikuti SBMPTN, pastikan kamu sudah mengerti biaya SBMPTN, sistem dan alur SBMPTN yang sudah disiapkan. Hal ini agar proses seleksi bisa berjalan dengan lancar. Jika kamu masih belum mengerti, alur SBMPTN ada dua tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Berikut penjelasannya.

SBMPTN Tipe A

SBMPTN Tipe A adalah SBMPTN yang dilakukan untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang menggunakan skema KIP Kuliah. Pada SBMPTN Tipe A ini ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Salah satunya adalah memiliki akun LTMPT dan masuk menggunakan akun tersebut di situs LTMPT. Setelah itu, kamu harus memilih pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe A untuk mendaftar ujian tertulis.

Kalau sudah,  kamu harus memilih tempat tes UTBK yang sudah disediakan. Pilihlah tempat tes yang paling dekat atau mudah dijangkau dari tempat kamu tinggal. Jika kamu membutuhkan ‘keperluan khusus’, maka kamu bisa mengisi kolom yang disediakan. Lalu, print atau cetak slip pembayaran biaya SBMPTN kamu. Kamu akan diberikan waktu untuk melakukan pembayaran selama 2 x 24 jam.

Jika sudah melakukan pembayaran, kamu harus login LTMPT kembali untuk menjalani prosedur pendaftaran yang belum selesai. Selain itu, pastikan kamu mengisi jenis jurusan SMTA yang kamu pilih. Kamu bisa memilih paling banyak 2 program studi  baik dari PTN yang sama maupun berbeda. Jika kamu memilih program studi dari PTN yang berbeda, maka pastikan PTN tersebut masih satu jenis. Misal sesama politeknik atau non-politeknik saja.

Jika semua sudah dilakukan, kamu hanya perlu mengisi portofolio dan melakukan konfirmasi pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak bukti peserta UTBK SBMPTN. Bukti ini harus diserahkan ketika kamu melakukan tes UTBK sesuai dengan jadwal SBMPTN yang ada.

SBMPTN Tipe B

SBMPTN Tipe B adalah SBMPTN yang dikhususkan bagi peserta KIP Kuliah yang masuk dalam golongan pendaftar tidak berbayar oleh kemdikbud. Untuk cara pendaftarannya masih sama seperti SBMPTN Tipe A. Hanya saja pada saat pemilihan jenis SBMPTN kamu harus memilih UTBK SBMPTN Tipe B.

Biaya SBMPTN

Ketika ingin berkuliah dan mengikuti tes, pasti yang menjadi pertanyaan utama adalah mengenai biaya SBMPTN. Untuk biaya sendiri bisa dikatakan cukup murah, yaitu sebesar 150 ribu rupiah, kecuali jika kamu mendaftar dengan Tipe B yang tidak dipungut biaya. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa mengirimkannya melalui SMS banking, ATM, dan Mobile / Internet Banking. Perlu diketahui bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun

Kalendar SBMPTN 2O21

Jadwal SBMPTN 2021
DaftarTanggal
Registrasi Akun LTMPT7 Februari – 12 Maret 2021
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15 Maret – 1 April 2021
Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang)Gelombang 112 April – 18 April 2021
Gelombang 226 April – 2 Mei 2021
Pengumuman SBMPTN 202114 Juni 2021 @15.00 WIB

Ketentuan persyaratan peserta UTBK 2021 adalah:

  1. Peserta wajib memiliki akun LTMPT
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA/MA/MK Kelas 12 pada tahun 2021 atau merupakan peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  3. Peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
  4. Persyaratan peserta ujian: peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Peserta yang memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
  6. Peserta harus membayar biaya UTBK 2021.

Ketentuan persyaratan peserta SBMPTN 2021 adalah:

  1. Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019/2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Peserta mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
  3. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio

Untuk materi UTBK 2021 terbagi menjadi dua yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS mengukur tentang kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya untuk pendidikan tinggi.

Dalam TPS nanti yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan, dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Sebagian soal akan disajikan ke dalam Bahasa Inggris, sementara untuk TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang yang berhasil menempuh pendidikan tinggi.

SBMPTN Gagal? Jangan Menyerah!

Kegagalan itu langkah awal dari keberhasilan. Yuk, jangan berhenti, Keep GOing bareng goKampus!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

  1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!
  2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!
  3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!
  4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!
  5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *