Bagikan
scoll top
 
goKampus

Sebelum Terjun! Pahami dulu Materi Ilmu Komunikasi

Sebagai calon mahasiswa baru, kamu pasti bertanya-tanya apa aja sih yang akan jadi materi ilmu komunikasi kalau kita mengambil fakultas ilmu komunikasi? Apa saja yang akan kamu pelajari dan bagaimana prospek kerjanya di bidang ini? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja yang akan kamu pelajari, sebenarnya ilmu komunikasi itu apa sih?  Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, bisa mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni.

Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antar manusia dan kehidupan sosial.

Nah, kira-kira kalau kita ingin mengambil mata kuliah ini, materi ilmu komunikasi apa aja sih yang akan kita pelajari? Simak artikel ini yuk!

1. Segala bentuk-bentuk komunikasi!

Materi ilmu komunikasi yang pertama adalah kamu akan mempelajari segala bentuk-bentuk komunikasi. Biasanya saat kamu kuliah selama 8 semester atau empat tahun di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. 

Misalnya nih dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi antar budaya. Biasanya di setiap mata kuliah ini, kamu akan diminta untuk kerja kelompok dan melakukan presentasi tentang masing-masing topik perkuliahan.

Kalau mata kuliah komunikasi interpersonal, kamu akan belajar secara mendalam bagaimana sih caranya kamu sebenarnya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk pengembangan pribadi. Kamu akan belajar bagaimana caranya kamu mengenali diri sendiri, mulai dari paham tentang keahlianmu, atau kamu bisa kenal dengan pribadimu saat kamu lagi sedih apa yang harus kamu lakukan, dan kalau kamu lagi senang, hal-hal apa saja yang membuat kamu senang. Jadi seru banget deh kita belajar gimana caranya kenal dengan diri sendiri.

2. Komunikasi dengan berbagai media

Materi ilmu komunikasi yang kedua adalah kamu juga akan mempelajari dan mendalami gaya berkomunikasi. Perkuliahan di Ilmu Komunikasi ini juga akan mengasah kemampuan kamu berpikir secara out of the box loh!

Sehingga, kamu gak jarang untuk menyalurkan dan mendapatkan berbagai ide yang cemerlang dan kreatif yang kadang-kadang gak sempat terpikirkan oleh orang lain. Inilah salah satu kelebihan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, secara gak langsung, kamu akan terbiasa untuk ngobrol dan berdiskusi dengan orang banyak.

Nah, apa sih yang maksud dengan praktik yang berhubungan  dengan media? Di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan media (televisi, radio, majalah/koran, online), seperti kajian media, reportase berita atau penyiaran, penulisan berita, bahkan program kreatif radio.

Nah, gak jarang juga loh kamu akan terlibat di berbagai jenis produksi,entah itu produksi film, produksi iklan, atau mungkin produksi berbagai event.

Baca Juga: Pelajari Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Di Kampus

3. Siap jadi pemimpin selama perkuliahan!

Salah satu hal yang akan kamu latih selama belajar di jurusan ini adalah kamu akan berlatih untuk menjadi pemimpin. Sebab kamu akan banyak mengerjakan berbagai tugas secara berkelompok. Bisa jadi kamu akan dipilih untuk memimpin sebuah kelompok, dimulai dari sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi. Selain itu, mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi juga selalu disebut bisa up-to-date.

Selain mencari tahu apa yang bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu juga harus paham kemampuan dan keahlian yang akan kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum. Kedua, kemampuan dasar fotografi, kemudian kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Salah satu kampus yang fokus ke mata kuliah ilmu komunikasi di Jakarta adalah London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Fakultas ilmu komunikasi di LSPR hingga saat ini telah menghasilkan berbagai lulusan-lulusan bergengsi yang fokus di bidang profesional. Prilly Latuconsina, Alyssa Soebandono, Ayushita, Sandra Dewi adalah beberapa contohnya. Ada juga beberapa lulusan LSPR yang menjadi influencer di Indonesia seperti Rachel Vennya dan Paula Verhoeven.

Salah Satu Kampus Komunikasi Terbaik di Indonesia

LSPR juga merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi. Soalnya LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

Kampus LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi! 

Selain itu, LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif di mana selain menawarkan program ilmu komunikasi. LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Mata kuliah Ilmu Komunikasi yang akan kamu pelajari di LSPR terdiri dari Public Relations & Digital Communication, Marketing Communication, International Relations Communication, Mass Media Communication, Performing Arts Communication, dan Digital Creative Production.

Prospek kerja untuk mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi terbuka sangat luas di industri 4.0 ini. Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama bisa mengambil bagian di bidang Marketing, Public Relations dan Periklanan. Ketiga bidang ini tentu akan dibutuhkan oleh perusahaan maupun konsultan ternama, yang akan membawamu pada jenjang karir menjanjikan serta kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang menarik.

Nah, gimana penjelasan mengenai mata kuliah ilmu komunikasi yang ada di LSPR? Ingin bergabung menjadi salah satu mahasiswa dari salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta? Untuk mencari informasi lebih lanjut kamu bisa langsung mengunjungi halaman ini ya agar tidak ketinggalan informasi lainnya. 

Konsultasikan juga semua kebutuhan perkuliahanmu dengan goKampus, semua masalah perkuliahanmu akan diurusin sampai beres! Jangan lupa, sembari menjalani masa kuliah, kamu bisa mengasah kemampuan komunikasimu lebih baik lagi dengan ikutan kelas online Etika Berkomunikasi di Era Digital di link ini ya. Atau, lamu juga bisa memilih kelas-kelas terbaik rekomendasi goKampus yang bisa kamu lihat di sini. Waktunya #LearnBetterGoFaster bareng goKampus.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-