gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Seleksi Mandiri Langsung Diterima? Ini Penjelasannya!

.
Bagikan

“Banyak jalan menuju Roma”. Begitu juga untuk daftar kuliah. Proses penerimaan mahasiswa baru gak hanya bisa melalui SNMPTN dan SBMPTN, tapi ada pula jalur atau seleksi mandiri. Ada kejutan baru untuk sobat semua, yakni goKampus baru saja menghadirkan program baru, yaitu instant approval. Program ini seperti seleksi mandiri yang langsung diterima di kampus pilihan dengan hanya melampirkan rapor. Gak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback hingga 500ribu.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur seleksi ini gak ada ujian tertulis. Penilaiannya melalui berbagai pertimbangan, seperti nilai rapor, riwayat alumni, hingga akreditasi sekolah dan lain sebagainya. Sementara SBMPTN, merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan SNMPTN, jalur ini menggunakan ujian tertulis dalam menyaring mahasiswa baru.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum Saat Daftar Kuliah

Begitu juga dengan jalur mandiri, terdapat ujian tertulis. Akan tetapi, jalur seleksi yang satu ini penyelenggaranya dalah perguruan tinggi terkait, gak seperti SBMPTN yang secara serentak dari Sabang hingga Merauke.

Materi pada jalur mandiri itu sendiri tergantung pada jurusan yang kamu pilih. Terdapat materi Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Hukum), dan gabungan antara kedua materi tersebut.

Dengan kata lain, jika kamu gagal di jalur SNMPTN dan SBMPTN yang tingkat persaingannya begitu tinggi, kamu masih tetap bisa mewujudkan impian untuk kuliah di universitas tujuan melalui jalur mandiri.

Namun, harus kamu tahu bahwa gak semua perguruan tinggi menyelenggarakan seleksi mandiri. Jadi, pastikan lebih dulu bahwa universitas tujuanmu memiliki jalur mandiri dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Benarkah Seleksi Mandiri Langsung Diterima di PTN?

Meski tingkat persaingannya yang gak sebesar SNMPTN dan SBMPTN, gak sedikit juga yang menganggap bahwa jalur seleksi mandiri akan langsung diterima. Padahal, faktanya adalah bahwa gak sedikit pula yang gagal pada jalur seleksi yang satu ini.

Itu artinya, gak benar kalau kamu mendaftar lewat jalur mandiri secara otomatis langsung diterima sebagai mahasiswa. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya.

Jumlah Peminat Lebih Sedikit Bukan Berarti Mudah

Seperti kita tahu bahwa memang jumlah peminat jalur mandiri lebih sedikit daripada dua seleksi lainnya, seperti SNMPTN dan SBMPTN. Akan tetapi, jumlah peminat yang sedikit bukan berarti mudah.

Anggapan tersebut tentu keliru, mengingat semua calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui seleksi mandiri memiliki keinginan besar untuk diterima. Gak hanya kamu yang ingin terdaftar sebagai mahasiswa di universitas tujuan, tapi juga orang lain.

Oleh karena itu, jumlah peminat yang sedikit bukan berarti mudah untuk dilewatkan. Justru karena ini adalah jalur seleksi terakhir untuk kuliah di kampus tujuan, maka calon mahasiswa lain akan berusaha sekuat tenaga. Mereka ingin mengalahkan semua pesaingnya, termasuk diri kamu sendiri.

Materi Ujian Seleksi Mandiri Lebih Sulit daripada SBMPTN

Selain jumlah peminat jalur mandiri yang cukup sedikit jika daripada SBMPTN, anggapan tentang seleksi mandiri langsung diterima bisa dipatahkan dengan fakta yang satu ini, yaitu materi yang sulit.

Ketahuilah bahwa materi pada jalur mandiri itu ternyata lebih daripada SBMPTN. Alasannya? Karena yang membuat soal seleksi mandiri adalah pihak universitas terkait. Bukan berarti pula SBMPTN mudah untuk dilewatkan.

Untuk membuktikan anggapan bahwa soal ujian mandiri lebih sulit daripada SBMPTN, kamu bisa mengecek soal ujian pada tahun lalu. Bandingkan antara materi dari kedua jalur seleksi tersebut. Ambil contoh materi ujian jalur mandiri Universitas Indonesia.

Kesimpulannya, anggapan bahwa jalur mandiri itu mudah dan langsung diterima oleh pihak universitas adalah keliru. Gak ada seleksi penerimaan mahasiswa yang mudah untuk dilewatkan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri sematang mungkin.

Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store untuk buat urusan kampus beres hanya dalam genggaman. Gak hanya berbagai program beasiswa yang tersedia, tetapi urusan daftar kuliah juga bisa lewat goKampus dan programnya seperti seleksi mandiri tetapi langsung diterima! Gak percaya? Yuk, download aplikasinya!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-