digital marketing
Daftar Kuliah

Serba Serbi Digital Marketing, Pekerjaan Yang Lagi Hits!

Pasti kalian semua lagi sering banget denger istilah Digital Marketing. Saat ini pekerjaan Digital Marketing lagi hits banget loh! Penasaran, apa itu Digital Marketing dan gimana sih caranya kerja jadi Digital Marketing? Sini, goKampus kupas tuntas di artikel ini! Yuk simak supaya lebih paham!

Apa Itu Digital Marketing dan Sejarahnya

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital melalui internet. Media digital yang dimaksud bisa berupa blog, email, media sosial, website, iklan online, dan lain-lain. Digital marketing bisa digunakan untuk bisnis apapun mulai dari barang atau jasa tanpa kecuali. Saat ini, hampir semua orang bisa mengoperasikan internet dan mencari informasi lewat internet. 

Digital marketing telah bekerja dari tahun 1990-an ketika mesin pencarian di internet bernama Archie hadir dan World Wide Web (www) hadir. Kemunculan Archie dan WWW bikin banyak orang mulai eksplor banyak hal di internet, yang kemudian mendorong orang untuk membuat banner iklan secara online. Banner ini jika diklik akan mengarahkan pengguna ke situs pengiklan. 

Tahun 2000-an, mulai muncul banyak layanan online mulai dari email, media sosial sampai e-commerce kayak Amazon, Gmail, Facebook, YouTube, dan lain-lain. Penemuan smartphone juga bikin orang-orang jadi mudah untuk akses internet dan makin terpapar sama dunia internet. Sejak saat itu, kehadiran digital marketing hadir dalam berbagai bentuk dan mengubah strategi pemasaran dari berbagai perusahaan untuk memanfaatkan teknologi di samping usaha pemasaran secara konvensional. 

Di tahun 2010-an, layanan-layanan online yang sukses berkembang mulai sadar kalau platform mereka digunakan dalam praktek digital marketing perusahaan-perusahaan. Layanan-layanan online ini pun mulai mengembangkan layanan mereka supaya semakin punya banyak pengguna. Contohnya Facebook dan Instagram yang jadi raksasa media sosial, dan akhirnya ketika Facebook mengakuisisi Instagram, sekarang mereka punya layanan Facebook ads di mana brand bisa membayar mereka untuk mengiklankan produknya lewat Facebook maupun Instagram. Pasti kalian semua pernah kan, lagi scroll Instagram terus lihat ada iklan di timeline kalian? Itu adalah salah satu contoh aktivitas digital marketing loh, guys.

Jenis Digital Marketing

Aktivitas digital marketing itu luas dan banyak banget jenisnya. Secara singkat, digital marketing punya 2 jenis yaitu paid dan organic. Paid marketing berarti usaha digital marketing ini memerlukan biaya untuk pelaksanaannya, sedangkan organic marketing adalah kebalikannya, di mana kegiatannya gak pake biaya alias gratis. Tentu ada kelebihan dan kekurangan dari dua jenis ini, makanya biasanya brand selalu pakai keduanya untuk berjalan secara beriringan supaya dapat hasil yang maksimal.

1. Paid 

Sesuai namanya, paid marketing adalah segala jenis upaya digital marketing yang sifatnya berbayar. Hasil dari paid marketing biasanya lebih cepat, lebih mudah untuk diukur, dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan organic marketing. Beberapa contoh dari paid marketing adalah Search Engine Marketing (SEM), pengelolaan media sosial yang berbayar (paid social media), dan juga display advertising.

a. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau SEM adalah cara pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Kalau kamu ketik kata kunci di Google dan ada hasil situs brand tertentu di paling atas dengan embel-embel “Ad”, itu adalah contoh SEM brand tersebut. Dengan pakai SEM, kamu jadi bisa menjangkau orang-orang yang memang lagi cari sesuatu yang brand kamu tawarkan.

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

b. Paid social media

Penggunaan media sosial memang bersifat gratis, tapi saat ini ada unsur-unsur di media sosial yang berbayar, kayak pemasangan iklan baik lewat platform medsos itu sendiri atau lewat influencer. Penggunaan iklan di media sosial ini bisa mendorong brand awareness kamu ke para pengguna medsos. Dengan pakai iklan, kamu bisa menarik orang-orang yang belum jadi followers atau bahkan yang belum tahu brand kamu jadi tertarik dan berkunjung ke laman medsos kamu. 

c. Display advertising 

Display advertising sendiri adalah bentuk iklan yang memperlihatkan objek secara visual lewat internet. Pernah gak sih, sehabis cari informasi tentang tas incaranmu di Google, tiba-tiba banyak iklan di situs atau medsos yang kamu kunjungi tentang tas incaranmu itu? Jangan parno, itu bukan berarti hantu ya! Iklan-iklan yang kamu lihat adalah bentuk dari display advertising. Contoh display advertising yang sering dipakai adalah Google Display Network.

2. Organic

Organic marketing atau pemasaran organik mengacu pada segala bentuk pemasaran digital yang tidak melibatkan iklan berbayar. 

a. Email marketing

Email marketing adalah saluran pemasaran yang merupakan bagian dari Customer Relationship Management (CRM). Sesuai sama namanya, cara kerja email marketing adalah dengan mengirimkan email-email berisi informasi brand ke konsumen yang sudah terdata. Tujuan pakai email marketing biasanya untuk mengikat pelanggan supaya tetap up to date sama informasi yang kita sebarkan dan supaya pelanggan tertarik dan terikat sama brand.

b. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya untuk mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian pada mesin pencarian seperti Google. Hasilnya kurang lebih kayak SEM, tapi bedanya SEM berbayar, SEO tidak. Untuk bisa mendapatkan traffic tinggi di situs kamu, ada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Google yang harus diikuti. Kamu harus tau cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO. 

c. Organic social media

Organic social media mengacu ke konten-konten yang kamu hasilkan lewat sosmed brand kamu secara gratis. Konten bisa berupa tulisan, foto, video, meme, dan lain-lain yang bisa dinikmati dan meraih orang-orang yang sudah jadi followers kamu. Penggunaan medsos secara organik kayak gini penting untuk bangun brand personality, menjaga hubungan yang sudah dimiliki dengan konsumen dan juga untuk menyebarkan informasi dari brand.  

Buat kamu yang tertarik kerja di Digital Marketing, kamu bisa ambil jurusan Digital Marketing yang udah tersedia di beberapa kampus di Indonesia dan di luar negeri. Yuk cek aplikasi goKampus buat tahu di mana kamu bisa belajar digital marketing sekaligus daftar kuliahnya!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

Daftar ke 300+ universitas pake goKampus sekarang!
Tinggal upload rapor, 1 Jam diterima!

Klik di sini

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *