gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Sertifikat dari Seminar Online, Bermanfaat Gak Sih?

.
Bagikan

Semua karena pandemi COVID-19, acara-acara yang mengundang keramaian seperti seminar terpaksa beralih menjadi seminar online atau istilahnya webinar. Meski penyelenggaraannya di dunia maya, kamu tetap bisa dapat sertifikat dari seminar online, tapi umumnya bentuk sertifikat hanya soft copy, bukan selembar kertas (hard copy).

Manfaat Punya Sertifikat dari Seminar

Muncul pertanyaan, sebenarnya sertifikat dari seminar online itu benar-benar bermanfaat enggak sih? Yuk, kita bahas.

1. Menambah Nilai

Bagi mahasiswa jurusan tertentu, mengikuti seminar itu wajib hukumnya. Beberapa mata kuliah memang mewajibkan kamu mengikuti seminar. Terutama mata kuliah yang berkaitan dengan diskusi dan biasanya bisa diambil pada semester-semester akhir sebelum kamu mengambil skripsi. 

Nah, sertifikat akan menjadi bukti kalau kamu benar-benar mengikuti seminar online. Zaman sudah modern, sertifikatnya tinggal diunggah saja, kan?

2. Mendukung Karier Kamu

Adanya sertifikat online dalam CV akan menambah daya tarik kamu di mata perusahaan perekrut tenaga kerja baru. Kita pakai contoh cerita saja, ya.

Gary kuliah di jurusan Desain Komunikasi dan Visual (DKV). Ia memang bercita-cita jadi desainer grafis. Suatu saat, Gary mengikuti seminar online bertajuk “Desain UI Untuk Pemula”. 

Meski bidang desain UI bukan sesuatu yang wajib dikuasai Gary sebagai seorang desainer grafis, namun ia yakin bahwa webinar itu menambah wawasannya sebagai bekal di masa depan.

Apalagi seminar online yang ia ikuti menyediakan e-sertifikat untuk para pekerja. E-sertifikat akan menjadi bukti bahwa Gary mengikuti webinar dengan baik, sehingga menjadi nilai tambah dalam CV Gary.

Benar saja, setelah lulus kuliah, Gary mendapatkan pekerjaan sebagai desainer UI (user interface/antar muka pengguna) di sebuah situs ternama dengan gaji 30 persen di atas UMR.

Jangan Ikut Seminar Online Cuma Mengincar Sertifikat

Namun, jangan mengikuti seminar online cuma karena kamu ingin dapat sertifikat. Sebab, ada banyak manfaat ikut acara seminar online untuk kariermu. Entah dapat sertifikat atau gak, pastinya dengan ikut seminar online kamu dapat memperluas wawasanmu.

Kamu juga berkesempatan untuk menimba ilmu dari para ahli di bidangnya. Seminar online memiliki sesi Q&A (tanya jawab), yang jadi kesempatan emas bagi kamu untuk menimba ilmu dari pakar-pakar tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memperluas jaringan dan koneksi. Meski seminar online gak mempertemukan orang-orang secara langsung, tapi seminar online lebih fleksibel. Sehingga, ada kemungkinan peserta seminar online punya latar belakang lebih beragam dari seminar offline. Siapa tahu kamu bertemu orang yang memiliki prospek besar untuk menjadi calon klienmu, kelak.

Jangan Lupa Juga Bangun Personal Branding di LinkedIn

Kamu juga perlu loh membangun “personal branding” yang profesional secara online. Hal ini karena LinkedIn adalah salah satu platform yang penting untuk personal branding kamu.

Kamu bisa mengoptimalkan profile LinkedIn kamu dengan melengkapi semua informasi di bagian profile, seperti nama jurusan dan universitas kamu, achievement yang kamu dapat, pengalaman internship, hingga memasukkan sertifikat dari course/training yang kamu ikuti.

Kalau bisa, kamu mengisi secara detail bagian kolom deskripsi agar informasi profile LinkedIn kamu lebih jelas saat recruiter atau penyelenggara program beasiswa melihatnya. Gak ada ruginya kok mengisi semua informasi LinkedIn secara lengkap karena ini bisa menjadi “CV online” kamu.

Jangan lupa juga buat portfolio secara online dan sertakan link-nya di profile LinkedIn kamu. Dengan begitu, recruiter atau penyelenggara beasiswa gak hanya melihat informasi CV secara lengkap, tetapi juga dapat langsung mengakses portfolio kamu. Pastikan juga untuk edit URL profile LinkedIn kamu dengan namamu agar terlihat lebih profesional, ya!

Selain itu, untuk membangun personal branding, setelah mengikuti seminar atau course, kamu bisa buat post di LinkedIn dan upload sertifikatmu itu. Jangan lupa mention atau tag institusi atau company dari mana kamu mendapatkan sertifikat agar makin kredibel. Dengan cara ini, kamu akan menarik recruiter buat approach kamu via message LinkedIn, deh!

Gimana? Sertifikat seminar online cukup bermanfaat kan? Untuk mendapatkan sertifikat, kamu bisa mengikuti kelas sertifikasi online dari goKampus yang bekerja sama dengan salah satu kampus terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Kamu bisa mendapatkan sertifikat bisnis profesional dari NTU! Penasaran? Klik di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-