metode analisis data
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Simak 2 Jenis Metode Analisis Data Di Dalam Penelitian

Sebagai mahasiswa yang sudah menempuh semester akhir, pasti udah gak asing lagi sama informasi mengenai metode analisis data. Biasanya metode analisis data ini akan kamu temui saat kamu sedang mempersiapkan skripsi atau laporan project akhir karena metode analisis data ini akan menjadi penentu di dalam penelitian kamu. Buat kamu yang masih penasaran dan belum mengerti mengenai metode analisis data, goKampus akan kasih kamu gambaran mengenai metode ini. Simak yuk!

Teknik analisis data adalah metode dalam memproses data menjadi sebuah informasi, di mana saat kita melakukan sebuah penelitian, kita perlu melakukan analisis data agar data tersebut bisa dengan mudah dipahami. Metode analisis data juga diperlukan agar kita bisa mendapatkan solusi atas permasalahan penelitian yang tengah dikerjakan.

Apa sih pengertian dari analisis data? Analisis data adalah suatu proses atau upaya untuk mengolah data menjadi informasi yang baru. Proses ini cukup diperlukan agar karakteristik data bisa menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan berguna sebagai solusi untuk suatu permasalahan khususnya kalau itu berkaitan dengan penelitian. 

Menurut Lexy J. Moleong, teknik analisis data adalah kegiatan analisis di suatu penelitian yang dikerjakan dengan memeriksa seluruh data dari berbagai instrumen penelitian misalnya seperti catatan, dokumen, hasil tes, rekaman, dan lain sebagainya. Nah, kegiatan ini bisa juga dilakukan biar data lebih mudah buat dipahami sehingga bisa diperoleh suatu kesimpulan.

Untuk metode teknik analisis data ada dua jenis nih guys di dalam sebuah penelitian, yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kalau teknik data kualitatif adalah data yang gak bisa dijadikan angka atau penelitian ini bersifat non-numerik. Teknik analisis data kualitatif ini pada umumnya merupakan bahasan konseptual suatu permasalahan. Beberapa teknik analisis data kualitatif adalah:

1. Analisis Konten

Teknik analisis konten ini diperlukan ketika kita harus memahami keseluruhan tema pada data kualitatif yang kita miliki. Dalam metode penelitian ini, kita harus bisa menerapkan kode warna untuk tema atau ide tertentu.

2. Analisis Naratif

Teknik analisis naratif fokus pada bagaimana suatu ide atau cerita dikomunikasikan kepada seluruh bagian terkait. Metode penelitian ini biasanya digunakan untuk membuat interpretasi tentang penilaian pelanggan, proses operasional, perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, dan lain-lain.

Teknik analisis data kualitatif naratif dapat membantu kita memahami dan mengembangkan kultur atau budaya suatu organisasi seperti perusahaan. Metode penelitian kualitatif naratif juga membantu kita dalam membuat rencana strategi pemasaran.

Baca Juga: Malas Mengerjakan Skripsi? Mungkin Ini Alasannya!

3. Analisis Wacana

Selain teknik analisis naratif, teknik analisis wacana juga digunakan untuk menganalisis interaksi orang. Perbedaan keduanya terletak pada fokus. Metode penelitian kualitatif analisis wacana lebih fokus pada konteks sosial dimana komunikasi antara responden dan peneliti terjadi.

Nah, kalau untuk teknik analisis data kuantitatif adalah data numerik yang dapat dihitung secara akurat. Salah satu contoh data numerik dalam metode penelitian kuantitatif yaitu hasil survey responden. Teknik analisis data kuantitatif pada umumnya menggunakan model matematika, model statistik, dan lain-lain. Beberapa teknik analisis data kualitatif yaitu:

1. Analisis Deskriptif

Teknik analisis data kuantitatif deskriptif dilakukan ketika kita melihat performa data di masa lalu untuk memperoleh suatu kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif ini digunakan ketika kita berhadapan dengan data dalam volume yang sangat besar seperti data sensus penduduk.

2. Analisis Inferensial

Teknik analisis data kuantitatif inferensial menggunakan rumus statistik. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut  digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan yang berlaku secara umum (generalisasi).

Tapi, memahami penjelasan mengenai metode analisis data aja gak cukup loh guys. Selama dunia perkuliahan sedang berjalan, kamu juga harus bisa menjalin relasi dengan banyak orang khususnya dengan para dosen. Hal ini bisa membantu kamu untuk belajar lebih banyak khususnya untuk penelitianmu. Apa aja sih manfaatnya menjalin relasi dengan dosen? Emang penting banget ya? Nah, goKampus akan kasih tau kamu 4 manfaat menjalin relasi dengan dosen. Ini dia!

1. Membangun koneksi lebih besar

Menjalin relasi dengan dosen akan membuat kamu memiliki koneksi yang jauh lebih besar, yang gak bisa didapat oleh kebanyakan mahasiswa lain pada umumnya. Misalnya kalau kamu membutuhkan pengetahuan mengenai dosen yang ahli di bidang tertentu, kamu bisa meminta informasi dari dosen yang memiliki hubungan baik denganmu.

Siapa tau kamu bisa mendapatkan informasi itu dengan mudah… Dijamin deh koneksi kita akan terbuka lebar jika kita menjalin relasi yang baik dengan dosen-dosen di kampus! 

2. Belajar pengalaman hidup

Perjuangan dan pengalaman menjadi seorang dosen tentu gak gampang. Banyak banget rintangan yang mereka jalani sebelum mencapai posisi yang sekarang. Proses itulah yang bisa menjadi inspirasi buat kamu dalam menjalani masa perkuliahan.

Kamu bisa menjadikan cerita dan pengalaman hidup dari mereka sebagai sebuah motivasi dan jalan keluar jika ada masalah-masalah yang kamu hadapi. Gak ada salahnya juga loh kamu curhat dengan mereka tentang berbagai masalahmu, bisa jadi mereka akan mengerti dan memberikan jalan keluar yang gak pernah kamu pikirkan sebelumnya!

3. Mendapat banyak pengetahuan

Manfaat yang ketiga adalah pengetahuanmu akan bertambah seiring berjalannya waktu. Kebanyakan dosen senang sekali membagikan ilmu yang mereka punya kepada mahasiswa yang dekat dengan mereka. Bahkan gak jarang, ada dosen yang suka bagi-bagi buku untuk pengetahuan umum loh. Asik banget ya!

4. Membuka peluang karir

Kebanyakan dosen sering mencari mahasiswa yang mereka percaya kemampuannya untuk dijadikan asisten dosen di mata kuliah mereka. Tentunya, hal ini gak boleh kamu sia-siakan! Di sinilah peluang karirmu akan terbuka, karena kamu akan punya peluang untuk ikut mengerjakan berbagai proyek penelitian dan aktif mengajar di kelas mata kuliah tersebut.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *