mahasiswa baru
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Simak 8 Prospek Kerja Teknik Kimia Cocok Untukmu!

Buat kamu calon mahasiswa baru pasti kalau mendengar tentang jurusan teknik kimia, kamu akan merasa ini cukup sulit dan kebingungan prospek kerja teknik kimia seperti apa. Yap, kamu gak salah, namun bukan berarti jurusan teknik kimia itu adalah suatu hal yang gak fun loh!

Bahkan mahasiswa lulusan teknik kimia juga memiliki peluang kerja yang besar banget. Sebelum kita membahas tentang prospek kerja teknik kimia, simak dulu yuk jurusan teknik kimia belajar apa aja sih?

Jurusan teknik kimia atau yang biasa disebut dengan Chemical Engineering adalah jurusan ilmu teknik yang mempelajari bagaimana caranya memproses bahan baku atau bahan mentah agar bisa menjadi sebuah produk komersial dengan memanfaatkan berbagai proses kimia.

Banyak yang bilang kalau jurusan teknik kimia ini adalah gabungan dari jurusan teknik kimia dengan jurusan teknik Industri.

Kalau jurusan teknik industri mempelajari bagaimana caranya melakukan pengelolaan pabrik secara keseluruhan, sedangkan jurusan teknik kimia lebih memiliki fokus ke proses pengolahan bahan baku di dalam pabrik tersebut.

Nah,kalau kamu melanjutkan kuliah di program studi teknik kimia ini, kamu gak hanya akan belajar tentang bahan-bahan kimia aja loh. Justru kamu akan banyak menggunakan ilmu matematika dan fisika.

Di jurusan ini juga kamu akan belajar mengenai bagaimana pengelolaan energi, limbah, penyelesaian isu lingkungan, serta kamu juga akan melakukan analisis ekonomi bagi kesejahteraan di Indonesia. Gimana? Luas banget kan topik pembelajarannya?

Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui di jurusan ini antara lain adalah kimia fisika, rekayasa lingkungan, teknik reaksi kimia, pengelolaan limbah, mikrobiologi, fisika dasar, kimia analisa, kalkulus, kimia organik, kimia fisika, teknik kimia, pengantar ilmu lingkungan, analisa dan pengolahan data, serta bidang peminatan lain-lainnya. 

Tentunya selain mengenai mata kuliah dan apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut, kamu juga harus memikirkan bagaimana peluang kerja dari jurusan yang kamu suka nih.

Tentunya harus memilih jurusan yang menjanjikan dan memberikan peluang karir yang bagus. Jurusan teknik kimia bisa kerja jadi apa aja ya kira-kira? Yuk simak 8 prospek kerja teknik kimia di Indonesia.

1. Environmental Risk Assessor

Prospek kerja teknik kimia yang pertama adalah kamu bisa bekerja sebagai environmental risk assessor. Profesi ini penting banget untuk memeriksa risiko yang mungkin akan terjadi di sebuah lingkungan akibat adanya aktivitas industri.

Profesi ini membutuhkan banyak orang-orang yang paham dan ahli di bidangnya salah satunya adalah lulusan dari jurusan teknik kimia.

Kamu bisa loh melamar ke berbagai perusahaan yang membutuhkan posisi ini. Kamu bisa mendapatkan rata-rata gaji mulai dari Rp 5,000,000 per bulan dan akan naik sesuai dengan performa yang kamu miliki.

2. Peneliti

Prospek kerja teknik kimia yang kedua adalah kamu juga bisa nih bekerja sebagai peneliti. Profesi yang satu ini pastinya akan sangat cocok buat kamu yang ingin mendalami dan menganalisis di bidang ini. Profesi ini bisa jadi peluang buat kamu untuk membuat inovasi baru di bidang yang kamu kuasai.

Bekerja sebagai peneliti akan membuat kamu aktif menemukan hal-hal baru, untuk soal gaji kamu gak perlu khawatir karena kamu akan mendapatkan rata-rata gaji yang lumayan besar loh.

3. Research and Development (RnD)

Prospek kerja teknik kimia yang selanjutnya adalah bekerja sebagai Research and Development di perusahaan yang membutuhkan. Sebagai seorang staff RnD, kamu bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp4,000,000 dan akan selalu meningkat sesuai dengan pengalaman dan kredibilitas perusahaan tempatmu bekerja.

4. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Prospek kerja teknik kimia selanjutnya adalah menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS), meskipun jadi PNS bakal ada proses yang sulit buat dilewatin tapi peluang kamu besar banget untuk bisa bergabung di profesi ini.

Sebagai PNS, Kamu akan mendapatkan gaji pokok yang stabil. Gaji yang Kamu terima bisa mulai dari Rp3.000.00,00 dan terus bertambah sesuai golongan. Kamu juga akan menerima tunjangan sehingga jumlah uang yang diterima bisa semakin besar. Belum lagi Kamu akan menerima uang pensiun sebagai jaminan hari tua di masa depan.

5. Pebisnis

Prospek kerja teknik kimia yang selanjutnya adalah kamu bisa menjadi seorang pebisnis juga loh! Setelah kamu lulus dari jurusan teknik kimia, kamu bisa menekuni dengan berbisnis di bidang kimia.

Bekerja sebagai pebisnis juga memberikan Kamu sedikit kebebasan karena Kamu bisa fleksibel mengatur waktu kerja, bahkan menentukan penghasilanmu sendiri.

Baca Juga: Cek Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi!

6. Quality Control

Menjadi quality control juga merupakan prospek kerja teknik kimia yang peluangnya luas loh. Kamu bisa bekerja di perusahaan dengan mengambil posisi Quality Control.

Yang perlu kamu perhatikan hanyalah mencari perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi dan bisa membantu kamu mencapai jenjang karir yang memang kamu inginkan. 

Berada di profesi Quality Control ini bisa memberikan penghasilan yang cukup buat kamu loh. Rata-rata gaji yang akan kamu dapatkan berkisar antara Rp 3,000,000 hingga Rp 6,000,000.

7. Environmental, Safety, And Health Engineer

Kalau kamu berencana untuk melanjutkan karirmu di perusahaan, maka kamu bisa mencoba untuk melamar di posisi environmental, safety, and health engineer di perusahaan loh.

Ilmu yang Kamu dapat juga bisa diaplikasikan di bidang profesi ini secara optimal. Gaji yang bisa Kamu dapat mulai dari angka Rp3.000.000,00 dan bisa bertambah sesuai kebijakan perusahaanmu.

8. Project Engineer

Prospek kerja yang satu ini adalah menjadi seorang project engineer di sebuah perusahaan. Posisi ini banyak dibutuhkan dan kamu bisa menempatinya kalau ini sesuai dengan keinginanmu. Menjadi seorang project engineer merupakan jenjang karir yang cukup menggiurkan loh.

Jumlah gaji yang akan Kamu terima mulai dari Rp5.000.000,00 dan bisa terus meningkat. Besarnya gaji ini sangat bergantung pada perusahaan tempat Kamu bekerja. Selain itu, skala proyek yang Kamu tangani juga bisa berpengaruh pada besarnya penghasilanmu.

Gimana nih menurutmu tentang prospek kerja teknik kimia yang ada di Indonesia? Peluangnya cukup banyak kan? Buat kamu yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai prospek kerja teknik kimia dan jurusan-jurusan seru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman ini ya. 

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *