Bagikan
scoll top
 
goKampus

Simak Penjelasan Dan Jurusan Di Kelompok Saintek

.
Bagikan

Buat kamu yang ingin mengikuti tes UTBK SBMPTN pasti kamu udah gak asing lagi kan sama istilah saintek? Apa kamu sudah mendapatkan penjelasan mengenai istilah program studi saintek ini? Sebelum membahas lebih dalam, Saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi yang berarti kelompok program studi yang masih berkaitan erat dengan dunia sains dan teknologi.

Nah, biasanya ada terbagi dua kelompok jurusan yaitu jurusan IPA atau saintek (Sains dan Teknologi), dan IPS atau soshum (Sosial dan Humaniora). Buat kamu yang ambil pelajaran saintek, ada beberapa hal yang harus perhatikan loh. Cek artikel ini ya!

Karena saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi, maka hanya siswa yang berasal dari jurusan IPA aja yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi saintek ini. Dan ada beberapa materi yang kerap kali diujikan dalam kelompok saintek seperti Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Beberapa jurusan yang masuk kedalam kelompok saintek antara lain adalah:

Kelompok Saintek

  1. Kedokteran

Jurusan kuliah terbaik nomor satu adalah program studi kedokteran. Mungkin kamu sudah gak asing lagi kan prodi yang setiap tahun peminatnya selalu saja bertambah.

Di prodi kedokteran ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu medis, tentang memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. 

  1. Kedokteran gigi

Jurusan ini juga banyak banget diminati oleh para mahasiswa yang ingin mengambil jurusan kedokteran gigi loh. Pada dasarnya, jurusan Kedokteran Gigi mengajak mahasiswanya untuk mempelajari tentang kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati permasalahan yang ada di area tersebut.

Selain mempelajari tentang kesehatan gigi, kamu juga akan mempelajari tentang estetika gigi dan mulut.

  1. Kedokteran hewan

Jurusan Kedokteran Hewan mempelajari semua jenis tentang pengobatan dan pencegahan penyakit yang terjadi pada hewan ternak dan berbagai hewan lainnya. Kalau kamu adalah seorang mahasiswa dari jurusan Kedokteran Hewan, kamu akan mempelajari hubungan antara hewan dan masyarakat.

Kamu juga mendalami ilmu tentang perkembangbiakan hewan, pengelolaan, dan pengolahan produk peternakan.

  1. Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas.

Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi adalah menjadi apoteker, spesialis Kimia, dan lain-lain.

  1. Jurusan Matematika

Saat kamu belajar di jurusan matematika, kamu akan banyak banget menemukan mata kuliah seperti mendalami dasar ilmu matematika, kalkulus, metode numerik, aljabar, dll. Meskipun peminat dari jurusan Matematika ini tergolong sedikit, namun ilmu Matematika ini banyak banget dimanfaatkan di berbagai macam bidang sehingga peluang kerjanya pun sebenarnya sangat luas.

  1. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik merupakan sebuah bidang yang mengkombinasikan ilmu dan teknologi untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Dan di ilmu Teknik ada banyak sekali cabang-cabang atau bagian yang bisa kamu pilih untuk dipelajari. Beberapa di antaranya adalah Teknik Industri, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan, dan lain sebagainya.

  1. Jurusan Kimia

Meskipun kamu mendapatkan banyak sekali pelajaran tentang Kimia di saat SMA, tapi saat di perkuliahan kau akan mendalami lebih banyak ilmu-ilmu Kimia dan mengkajinya secara spesifik loh! Ada banyak juga materi fisika kimia yang mempelajari sifat-sifat zat di lapangan untuk lebih memfokuskan diri pada senyawa organik, protein, dan lain-lainnya.

  1. Jurusan Fisika

Jurusan fisika merupakan bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari gejala alam gak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu. Belajar fisika secara fundamental dan modern seperti dinamika, gaya elektromagnetik, mekanika kuantum, termodinamika, dan sebagainya.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-