Bagikan
scoll top
 
goKampus

Special Hari Ibu! Cooking Show A la Italia Bareng Chef Lulusan Ausie

.
Bagikan

Selamat Hari Ibu, guys! Kamu mau kasih apa untuk ibu atau orang tersayang? Kalau belum tau, coba kamu kasih kado terbaik dengan ikutan cooking show dan jadi masterchef ala-ala dengan menyajikan kudapan khas Italia, yaitu gnocchi (dibaca: “nyoki”).

Bareng Chef Steven Khoe, alumni Le Cordon Bleu Australia, kamu akan dipandu untuk membuat gnocchi dengan paduan saus pomodoro dalam acara cooking show with goKampus, Rabu, 22 Desember 2021, via zoom jam 10 – 12 siang.

Sebelum membuat gnocchi, Chef Steven bilang kalau dalam membuat gnocchi ini sebenarnya nggak sulit. Bahkan, nggak ada aturan yang pasti di dalam pembuatannya. “Gnocchi ini basic kok, siapa pun bisa buat”, kata Chef Steven dalam cooking show.

Sebelum membuat gnocchi, pastikan kamu udah menyiapkan semua bahan-bahan utama dan pendukung ya! Tujuannya supaya rasa dan tampilan gnocchi bisa maksimal. Kamu bisa intip bahan dan resep gnocchi di link berikut ini!

Proses Cooking Show Gnocchi

Kalau semua bahan tadi udah siap, kamu bisa menusuk-nusuk kentang dengan pisau membentuk bolongan kecil. Tujuannya supaya kentang cepat matang. Kalau kentang udah direbus dan teksturnya udah lunak, kamu angkat dan kupas kulit kentang sampai halus dalam kondisi panas. Kamu bisa pakai lap atau tisu kalau kentangnya terlalu panas.

Setelah itu, haluskan kentang menjadi kentang tumbuk alias mashed potato dan dicampur dengan tepung. Untuk menyatukannya, kamu bisa pakai telur ayam kampung. Abis itu, bentuk adonan kentang menjadi menjadi panjang (pijat dari dalam ke luar) dan gunakan tepung supaya nggak lengket. Setelahnya, kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Potong adonan kentang halus tadi pakai pisau
  • Tekan potongan kentang di atas garpu (menjadi corak garis) agar menjadi gnocchi
  • Masukkan potongan kentang gnocchi ke dalam air mendidih sampai mengapung (jangan terlalu lama karena kentang sudah matang)
  • Angkat kentang dengan saringan

Sambil Siapin Saus Podomoro

Proses bikin saus podomoro ini bisa kamu lakukan saat merebus kentang tadi ya. Nah, buat meraciknya, kamu mulai dengan memotong bawang bombai dari bagian ujung. Ingat, pisau yang dipakai harus tajam supaya potongannya teratur. Setelah itu, cincang bawang bombai dan geprek hingga hancur. Setelahnya, kamu bisa mulai memotong keju parmesan Parmigiano-Reggiano.

Next, kamu mulai merebus olive oil atau minyak zaitun dengan api sedang. Masukkan bawang bombai, keju parmesan, basil atau daun kemangi, rebus sampai menyatu. Setelahnya, baru campurkan pasta tomat dan aduk sampai rata.

Udah panas? Saatnya campur ciao tomato (saus pasta italia yang dijual bebas) dan kasih sedikit air mineral, tunggu hingga mendidih. Setelahnya, kasih garam secukupnya, tuang black pepper atau merica sesuai selera, dan sedikit gula biar nggak terlalu asam.

Sebagai penghias, potong kecil basil tadi dan blender saus supaya teksturnya lebih halus. Udah? Masukkan saus ke dalam panci dan rebus dengan api kecil sampai bentuknya mirip saus tomat. Kamu cicipi ya! Kalau rasanya masih asam, bisa tambah gula, garam, dan merica secukupnya sampai dapat rasa yang pas di lidah.

Semua bumbu tadi nggak perlu kamu tambahin penyedap rasa atau micin. Soalnya, kata Chef Steven, kalau kamu punya bahan-bahan yang fresh rasanya dijamin sedap. Jadi bikin sehat juga kan?

Langkah terakhir, lakukan hal berikut ya.

  • Rebus kentang gnocchi dengan saus hingga menyatu hingga panas
  • Tuang gnocchi dan saus yang menyatu tadi ke atas piring
  • Sebagai penghias, parut keju parmesan ke atas gnocchi
  • Ambil potongan basil kecil dan letakkan di atasnya
  • Gnocchi with pomodoro sauce sudah siap kamu sajikan!

Gimana, kamu udah cukup lihai jadi masterchef ala-ala di rumah? Kalau belum, kamu bisa intip cooking show dan ngembangin skill di goKampus! Nggak cuma masak, kamu juga bisa belajar apapun di goKampus! Yuk, kunjungi situs goKampus di sini.

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-