gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Tes Bakat Itu Apa Saja? Yuk, Cek Jenis-Jenisnya!

.
Bagikan

Mengenali kemampuan dan bakat kita sendiri itu penting loh, guys. Hal ini agar kita bisa mengembangkan potensi dalam diri kita. Nah, tes bakat atau aptitude test menurut American Psychological Association melalui situsnya, merupakan tes untuk menilai, mengukur dan memprediksi potensi, pengetahuan, maupun keterampilan individu yang biasa dilakukan sebelum melanjutkan pendidikan maupun digunakan dalam dunia kerja. Ada berbagai jenis tes bakat atau aptitude test yang perlu kamu ketahui. Yuk, cek satu per satu!

Apa Itu Aptitude Test?

Tes bakat atau aptitude test dapat memprediksi keberhasilan individu di masa depan terutama di bidang pendidikan dan profesional atau dunia kerja. Di dunia pendidikan, tes ini umumnya untuk menentukan jurusan yang sesuai serta memperkirakan bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat nantinya, sedangkan oleh recruiter, tes ini untuk memperdalam kekuatan dan kelemahan dari kandidat atau pelamar pekerjaan dan agar tim human resoruces development (HRD) dapat memutuskan promosi karier bagi karyawan dalam perusahaan. 

Tes Bakat Itu Apa Saja?

Mengutip dari Indeed dan IndiaToday, ada 5 jenis tes bakat yang perlu kamu ketahui. Tes ini juga biasanya akan diberikan sesuai dengan kebetuhan. Berikut jenis-jenis tes bakat yang perlu kamu ketahui!

1. Tes penalaran abstrak

Jenis tes yang satu ini menilai kemampuan kamu dalam memahami berbagai perubahan bentuk, menghasilkan gagasan atau ide yang unik, serta membuat gambar baru dari ilustrasi sebelumnya atau terdahulu. Tes penalaran abstrak ini mengevaluasi kemampuan kita menghubungkan secara logis dari data yang tersedia. Jenis tes ini juga untuk mengetahui kreativitas individu dan kemampuannya alam memecahkan masalah baru dengan cepat. 

2. Tes penalaran numerik

Tujuan dari tes ini ialah untuk menganalisis kemampuan individu terutama berhubungan dengan angka. Tes ini dibuat untuk mengukur kemampuan individu dalam membuat keputusan yang benar jika ia menghadapi data numerik maupun statistik, seperti grafik, bagan, persamaan, pecahan, seri angka, dan sebagainya. Yup, kemampuan matematika kamu akan terukur melalui tes ini.

3. Tes penalaran verbal

Tes bakat yang satu ini untuk mengevaluasi kemampuan menulis, memahami teks atau narasi, serta keterampilan komunikasi. Kamu akan membaca bagian dari tes secara menyeluruh, memahami informasi dari teks tersebut dan menjawab pertanyaan dari tes tersebut. Tes ini juga akan mengukur kemampuan individu dalam memahami, menganalisis, menarik kesimpulan, serta fokus. 

4. Tes penalaran logika

Mengevalusi kemampuan individu dalam menarik kesimpulan yang masuk akal dari informasi dan penyataan yang ada merupakan salah satu tujuan dari tes bakat yang satu ini. Seperti yang kita tahu, berpikir logis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dunia pendidikan maupun profesional. 

5. Tes penalaran spasial

Jenis tes ini berguna untuk mengukur kemampuan individu dalam mengingat, menyimpan informasi berupa bentuk, gambar, pola dan kemungkinan urutannya. Kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk memahami hubungan antar objek. Tes ini akan mudah bagi mereka yang cenderung berpikir visual dan mampu dengan mudah berimajinasi atau membuat berbagai bentuk atau model, seperti mereka yang tertarik di bidang arsitektur. 

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu tes bakat dan jenis-jenisnya? Sebelum melakukan berbagai jenis tesnya, persiapkan dirimu terlebih dahulu, ya! Saat menjawab tes, usahakan untuk memanfaatkan waktu sebaiknya dan jangan stuck pada pertanyaan atau soal yang sulit saja. 

Baca Juga: Tentukan Jurusan Kuliah Dengan Tes Minat Bakat

By the way, buat kamu yang masih belum yakin dengan jurusan kuliah dan ingin mencari tahu passion atau karier yang sesuai, cobain Tes Minat dan Bakat dari goKampus saja! Kamu bisa cobain tesnya secara gratis di sini!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-