Bagikan
scoll top
 
goKampus

Tip Membuat Gnocchi A la goKampus

.
Bagikan

Kamu pernah dengar kudapan khas Italia bernama gnocchi? Kalau belum, kamu bisa lho membuat masakan ala-ala luar negeri layaknya seorang masterchef, salah satunya adalah gnocchi.

Makanan unik asal negeri spageti ini bentuknya terlihat seperti pasta, tapi bukan masuk kategori pasta ya. Umumnya, gnocchi terbuat dari kentang tumbuk yang dicampur dengan tepung sehingga menjadi adonan. Cara membuat gnocchi biasanya dilakukan di rumah secara turun-temurun dari ibu ke anak perempuan.

Dengan sajian yang terbilang mudah dan sederhana, siapapun ternyata bisa membuat gnocchi dengan mudah di rumah bahkan tanpa menggunakan alat yang rumit. Asik ya!

Langkah mudah dalam membuat kudapan rumahan ini yaitu dengan mencampurkan tepung dan kentang bersama hingga membentuk sebuah adonan.

Prosesnya, kamu bisa membuat adonan berbentuk tali kecil dan memotong-motongnya dengan panjang sekitar 2,5 centimeter. Setelahnya, rebus adonan gnocchi ke dalam air asin dan keringkan dengan sendok berlubang atau saringan setelah gnocchi mengapung naik ke permukaan air.

Langkah terakhir, kamu bisa langsung menambahkan saus sesuai selera pada bagian atas gnocchi. Salah satu saus yang kamu tuang adalah saus gorgonzola.

Selain cara tadi, kamu bisa mengolah gnocchi dengan cara lain lho. Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari kentang, tepung, dan telur. Setelahnya, kamu bisa mendidihkan air asin terlebih dahulu dalam panci dan mengupas kentang untuk ditambahkan ke dalam panci.

Rebus kentang hingga empuk tetapi tetap padat sekitar 15 menit lalu tiriskan. Setelah kentang dingin, tumbuk dengan garpu atau alat penghancur kentang. Jika sudah, campur satu cangkir kentang tumbuk, tepung, dan telur dalam mangkuk besar. Bentuk adonan hingga berbentuk bola dan bentuk bagian kecil adonan seperti ular panjang.

Sebelum proses terakhir, kamu bisa memotong adonan panjang menjadi potongan setengah inci atau kira-kira sekitar 1 sentimeter. Terakhir, masukkan gnocchi dalam panci air mendidih dan masak selama 3 hingga 5 menit atau sampai menu ini naik ke permukaan air. Setelah itu tiriskan.

Membuat Potato Gnocchi With Podomoro Sauce

Sebelum membuat menu ini, kamu bisa mencobanya dengan paduan saus podomoro. Adapun beberapa resep yang bisa kamu persiapkan sebagai berikut.

  1. Kentang 400 gr (± 2 buah)
  • Tepung Terigu 130 gr
  • Telur 1 buah
  • Garam dan Merica untuk penyedap
  • Daun pala ¼ sendok teh
  1. Saus Pomodoro :
  • Bawang putih 1 buah (ukuran medium)
  • 1 siung bawang putih
  • Pasta Tomat 1 sendok teh
  • 1 kaleng tomat (400 gr)
  • 3 Batang Daun Basil Italia
  • Olive oil 30 ml
  • Gula pasir 30 gr
  • Garam dan Merica untuk penyedap
  • Daun Kemangi dan Keju Parmigiano-Reggiano sebagai penghias

Sajian Gnocchi A la Masterchef Bersama goKampus

Kamu udah menyiapkan resep di atas? Nah, saatnya kamu meracik gnocchi ala masterchef di rumah. Caranya? Kamu bisa ikutan LIVE cooking show bareng chef andal dari World Class Culinary School. Mantap kan?

Dengan ikutan cooking show dari goKampus, kamu bisa memberikan kejutan terbaik buat ibu atau orang-orang yang kamu sayangi dengan menu khas Italia ini. Bersama Chef Steven Khoe, alumni Le Cordon Bleu Australia, bisa membuat tangan kamu semakin jago meracik gnocchi ala masterchef.

Ikutan acaranya, yuk!

Hari & tanggal : Rabu, 22 December 2021

Waktu : 10.00 – 12.00 WIB

Menu: Potato Gnocchi with Pomodoro Sauce

Media: Zoom Meeting

More Info : +62 857-7494-4540

Link Registrasi: https://bit.ly/goKCulinaryWorkshop 

Oh iya, acara cooking show ini GRATIS lho. Yuk buruan daftar and save the date!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-