Bagikan
scoll top
 
goKampus

Tips Belajar Facebook Ads Untuk Pemula

.
Bagikan

Belajar Facebook Ads sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya, Facebook telah melengkapi layanan ini dengan berbagai tools pendukung dengan penggunaan yang mudah. Sedangkan susahnya, kamu gak bisa cuma belajar cara menggunakannya, tapi juga harus belajar menganalisanya lewat riset dan semacamnya. Tapi selama ada keinginan untuk belajar, lama-lama pasti bisa. 

Satu hal yang pasti, penggunaan Facebook ads menjadi salah satu media periklanan paling banyak di Indonesia. Hal ini terjadi karena banyaknya pengguna Facebook dan jangkauannya juga luas. Jadi jangan ragu untuk belajar Facebook ads. Soalnya, sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakannya dan berhasil membuat brand-nya semakin terkenal. Malah meningkatkan penjualan juga.

Baca Juga: Apa Itu Facebook Ads? Yuk Kenalan Dengan Ragam Istilah Di Dalamnya

Jenis Campaign Penting Saat Belajar Facebook Ads

Ada beberapa jenis campaign yang harus kamu ketahui saat belajar Facebook ads. Berikut beberapa campaign tersebut: 

1. Lead Generation Ads

Jenis campaign ini bertujuan untuk menyederhanakan atau memudahkan audiens dalam proses pendaftaran dari iklan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang iklan yang terpasang, audiens hanya perlu menekan tombol “Learn More”.

2. Instant Experience

Fokus campaign Instant Experience untuk mendapatkan audiens baru. Kamu hanya perlu menginformasikan inti dari produk atau mempromosikan layanan. Selanjutnya Facebook akan menayangkan konten produk atau layanan serta menyediakan tombol download.

3. Post Engagement

Post Engagement bekerja menemukan aktivitas para audiens melalui jenis konten dan luas jangkauan. Jenis campaign ini memungkinkan kamu menemukan beragam aktivitas audiens dibanding pengikut fanspage yang kamu punya.

4. Offers

Facebook juga menyediakan jenis campaign iklan berbasis audiens atau pengguna. Campaign ini memfokuskan audiens pergi ke halaman pendaftaran di website yang kamu gunakan serta mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan penawaran dari promosi. Namun ada biaya tambahan jika ada pengguna yang mengambil penawaran seperti diskon atau penawaran khusus.

5. Video

Jenis campaign video bertujuan untuk mengedukasi audiens agar mengetahui kelebihan dari penawaran suatu produk. Ukuran video biasanya tayang dengan resolusi tinggi dan rasio perbandingan 9:16 dan 16:9. Minimum video yang kamu upload adalah per satu detik dengan durasi maksimal adalah 240 menit. Kamu juga bisa mengunggah video yang dapat berputar 360 derajat.

Tips untuk Pemula

Nah, seperti pembahasan sebelumnya, belajar Facebook ads gak cukup kalau hanya mempelajari tools-nya saja. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar bisa maksimal saat menggunakan Facebook ads. Simak yuk!

1. Identifitasi Tujuan Iklan

Langkah pertama pemula belajar Facebook Ads adalah dengan mengidentifikasi tujuan iklan. Hal ini berguna agar kamu dapat lebih memahami target iklan. Saat kamu ingin menjalankan iklan, pahami dulu tujuan dari iklan yang akan dibuat. Apakah untuk meningkatkan penjualan atau memperbanyak interaksi dengan audiens. Semakin spesifik semakin bagus, Guys

2. Buat Iklan Sesuai Dengan Keinginan

Dibutuhkan konsep yang unik dan berbeda dalam menjalankan iklan di setiap produk atau layanan. Pahami kebutuhan iklan yang akan dibuat agar tujuan tercapai. Facebook Ads memungkinkanmu menyesuaikan berbagai hal, seperti konten gambar dan video, copywriting atau berfokus pada landing page.

3. Tentukan Audiens

Tips selanjutnya adalah menentukan audiens. Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan. Seperti melakukan riset terhadap kelompok audiens yang memiliki potensi cocok serta relevan dengan produk atau layanan. Facebook Ads mempunyai fitur yang bisa mencari target audiens secara spesifik. Carilah target audiens yang punya ketertarikan atu berkaitan dengan produk atau layanan yang sedang dipromosikan.

4. Tes dan Analisis

Last but not least, lakukan tes dan analisis untuk mengetahui hasil dari iklan yang telah kamu buat. Hal ini penting untuk memperbaiki kekurangan apa saja yang muncul sehingga ke depannya iklan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Itulah beberapa tips belajar Facebook Ads untuk pemula yang perlu diketahui. Bagaimana? Seru, kan? 

Sebenarnya belajar online marketing memang seru dan menyenangkan. Apalagi jika upaya yang kamu lakukan berhasil. Maka dari itu, jangan ragu untuk tambah skill dan kemampuan kamu dalam online marketing. Misalnya dengan mengikuti kelas-kelas digital yang saat ini makin banyak dan bervariatif. 

Gimana? Kamu ingin mendalami ilmu seputar Facebook Ads? Kamu bisa ikutan kursus online di goKampus ya! Klik di sini untuk ikutan kelasnya!

Atau, kalau kamu mau mencari kelas-kelas profesional yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu, carinya juga di goKampus ya! Kelas online di goKampus, skill bertambah, dapat sertifikat siap kerja dari luar negeri dengan harga terjangkau! Tertarik? Klik di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-