Bagikan
scoll top
 
goKampus

Tips Bermain Catur untuk Pemula, Ternyata Cukup Mudah

.
Bagikan

Catur adalah permainan yang membutuhkan kecerdasan dan daya pikir. Untuk pemula, ini mungkin bakal agak membingungkan. Belum lagi peraturannya cukup banyak. Yuk, kita simak cara bermain catur untuk pemula.

Cara Bermain Catur Pertama: Pelajari Tiap Bidak Catur

Agar mengetahui cara bermain catur, pertama kamu harus mengetahui nama tiap bidak catur dan cara mereka bergerak.

  • Pion (pawn): Kamu memiliki 8 buah pion yang letaknya paling depan. Pada gerakan pertamanya, pion bisa bergerak ke depan satu atau dua kotak, namun hanya boleh maju satu kotak setelah itu. Pada saat menyerang, pion hanya bisa memakan lawan yang ada di depannya secara diagonal. Pion tidak bergerak mundur.
  • Benteng (rook): Bidak yang satu ini terlihat seperti menara istana. Benteng bisa bergerak secara horizontal dan vertikal sejauh mungkin. Selain itu, benteng bisa menyerang bidak lawan yang berada di jalurnya.
  • Kuda (knight): Bidak kuda adalah yang paling rumit. Pergerakan bidak satu ini berbentuk ‘L’ yang terdiri dari dua kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal dan dua kotak vertikal, ke arah manapun. Kuda merupakan satu-satunya bidak catur yang bisa melompati bidak lain. Kuda hanya menyerang buah yang berada di kotak yang akan menjadi tempat selanjutnya.
  • Gajah (bishop): Bidak gajah hanya bisa bergerak secara vertikal, namun bisa bergerak sejauh mungkin saat ia menyerang. Gajah berbentuk seperti topi menteri.
  • Ratu (queen): Ratu merupakan bidak terkuat. Ratu bisa melangkah kemana saja, ke kanan, ke kiri, ke depan, ke belakang, dan juga secara diagonal, tentunya selama ruang pada kotak catur masih terbuka. Dalam bahasa Indonesia, istilah ratu juga terkenal dengan “menteri”.
  • Raja (king): Raja merupakan bidak yang harus kamu lindungi. Kalau raja mati, kamu akan kalah. Raja bisa bergerak ke segala arah, tapi hanya bisa bergerak satu kotak saja.

Baca Juga: Mengenal Catur, Olahraga yang Melatih Daya Pikirmu

Pelajari Posisi Awal Tiap Bidak

Langkah selanjutnya dalam mempelajari cara bermain catur adalah mengetahui posisi awal setiap bidak.

  • Mengisi 8 pion di baris kedua dari arah kamu duduk
  • Letak dua buah bidak benteng ada di sudut kanan dan kiri pada baris pertama
  • Meletakkan dua buah bidak kuda di samping benteng
  • Letak 2 buah bidak gajah ada di samping kuda
  • Peletakan ratu di sebelah gajah, pada kotak yang sesuai dengan warna bidak
  • Letak raja di sebelah ratu

Pahami Aturan Dasar

Cara bermain catur sebenarnya sederhana saja. Ada peraturan dasar yang berlaku secara universal. Inilah beberapa peraturannya.

  • Permainan catur adalah dua orang. Pemain melangkah secara bergantian. Pemain dengan bidak putih melangkah duluan.
  • Bidak nggak bisa melewati kotak yang sudah terisi bidak lawan. Kecuali kuda, karena langkah L-nya yang spesial.
  • Bidak yang sudah dipegang harus dijalankan, kecuali bidak tersebut tidak mungkin untuk dijalankan. Misalnya terhalang bidak lain, atau kotak di depannya sudah terisi.
  • Setiap bidak memiliki nilai sendiri. Pion bernilai 1, Kuda dan Gajah bernilai 3, Benteng bernilai 5, Ratu bernilai 9, sementara Raja menentukan pemenang.

Baca Juga: Strategi Catur The Queen’s Gambit yang Menginspirasi

Promosi, Rokade, Skak, dan Skakmat

Langkah cara bermain catur selanjutnya adalah mengenal tiga istilah penting yaitu Promosi, Skak, dan Skakmat.

  • Ketika sebuah pion dapat mencapai kotak terakhir (atau kotak pertama milik lawan), maka pion tersebut dapat promosi. Kamu bisa mengganti pion tersebut dengan bidak yang lebih kuat seperti, benteng, kuda, gajah, atau ratu. 
  • Rokade (castling) merupakan gerakan khusus dalam catur ketika raja bergerak dua petak secara horizontal menuju benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan benteng pada petak di belakang jalur yang dilalui raja. Kedua benteng dapat digunakan untuk melakukan gerakan ini.

Namun, raja dan benteng yang akan terlibat harus tidak pernah bergerak sebelumnya; tidak ada buah lain yang menghalang di antara raja dan benteng; raja tidak sedang disekak atau tidak akan berpindah ke petak yang membuatnya disekak, ataupun petak-petak yang dilalui raja tidak sedang dalam keadaan tidak aman oleh buah catur lawan.

  • Skak (check) adalah sebuah tanda ketika bidak berada dalam posisi yang dapat menyerang raja lawannya. Ketika kamu terkena skak, kamu harus melindungi raja. Caranya dengan keluar dari kotak, memblokir dengan bidak lain, atau menyerang balik bidak penyerang.
  • Skakmat (checkmate) terjadi ketika raja berada dalam keadaan skak dan posisinya sudah terkunci sehingga ia tidak bisa berpindah kotak dan tidak bisa dilindungi lagi. Menempatkan raja lawan dalam skakmat adalah satu-satunya cara untuk memenangi pertandingan catur.

Itulah cara bermain catur untuk pemula. Nggak terlalu susah, kan? Kamu juga bisa mengasah skill– mu dengan ikutan course di goKampus. Apalagi di goKampus lagi banyak promo-promo menarik yang bikin kamu semangat belajar. Salah satu yang cocok, kelas algoritma ini.

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-