Bagikan
scoll top
 
goKampus

Tips Dan Keuntungan Mengikuti Kelas Karyawan!

.
Bagikan

Kelas karyawan – “Kejarlah pendidikan sampai ke negeri China ”, pepatah ini cukup valid jika kita ingin membahas dunia perkuliahan nih guys. Gak akan waktu yang tepat untuk berhenti belajar loh. Namun, gak semua orang mampu mendapatkan pendidikan yang tinggi, salah satu faktornya adalah soal biaya.

Seperti yang kita tahu, biaya kuliah di kampus-kampus di Indonesia bisa dibilang tidak tergolong murah meskipun banyak menyediakan beasiswa. Sehingga, gak jarang nih para lulusan SMA/SMK memilih untuk mencari pekerjaan terlebih dulu baru melanjutkan kuliah di tahun-tahun selanjutnya. 

Namun, sebenarnya kuliah tetap bisa dilanjutkan loh meskipun kamu sedang bekerja di sebuah perusahaan. Beberapa universitas di Indonesia memiliki program kuliah kelas karyawan yang bisa kamu manfaatkan. Kuliah kelas karyawan membantu orang-orang yang berstatus sebagai pekerja untuk tetap menempuh pendidikan tinggi. Kira-kira apa aja ya keuntungan mengikuti kelas karyawan?

1. Jam kuliah fleksibel banget!

Kalau kamu mengikuti kuliah kelas ini, kamu akan menemukan kalau jam kuliahnya fleksibel loh. Umumnya, mahasiswa yang kuliah kelas reguler bisa mengikuti program kuliah dari pagi hingga sore hari. Sedangkan, kalau kuliah kelas karyawan biasanya akan dimulai dari sore hingga malam hari bahkan juga di akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu. Waktu kuliah kelas karyawan tentunya juga bergantung pada kebijakan dari masing-masing universitas.

Yang pasti adalah jadwal kuliah kelas karyawan gak akan mengganggu jam kerja kamu sebagai pekerja. Jadi, kamu bisa mengatur dan memilih bagaimana kamu ingin mengalokasikan waktu setelah bekerja khusus untuk kuliah.

2. Bisa mengikuti ‘full class online’.

Keuntungan kedua yang bisa kamu rasakan adalah sudah banyak universitas yang menyediakan program kuliah online. Jadi, setelah bekerja kamu gak perlu buru-buru lagi untuk berangkat ke kampus mengikuti kuliah secara tatap muka nih kalau kamu mengambil program kuliah online. Seluruh proses pembelajaranmu akan dibantu dengan smartphone atau laptop aja.

3. Pilihan program studinya beragam

Keuntungan yang ketiga adalah pilihan program studi untuk kelas karyawan juga sudah beragam loh. Kalau dulu banyak orang-orang yang gak ingin mengikuti kelas karyawan karena pilihan program studi yang ditawarkan jauh lebih sedikit dibandingkan kuliah reguler biasa.

Namun, karena di jaman sekarang program studi yang ditawarkan semakin beragam, kamu bisa menentukan program studi yang sesuai, baik sesuai dengan minat dan bakatmu atau sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu ikuti saat ini. 

Baca Juga: Apa Bisa Kuliah Sambil Kerja? Bisa!

Gimana? Sudah mulai tertarik untuk mengikuti kelas karyawan? Buat kamu yang masih ragu-ragu, goKampus juga akan kasih tau kamu tips-tips mengikuti kuliah kelas karyawan agar kamu memiliki bayangan mengenai prosesnya untuk membantu menentukan keputusanmu ya. Tips mengikuti kuliah kelas karyawan antara lain:

1. Hitung perkiraan biaya kelas karyawan

Tips sebelum kamu memilih kelas karyawan yang diikuti adalah jangan lupa untuk melakukan riset mengenai harga perkuliahannya. Kamu harus pintar-pintar menghitung perbandingan biaya kuliah dan gaji yang kamu dapatkan.

Hal ini bisa membantu kamu agar gak mengalami kesulitan keuangan saat sedang menjalani masa-masa perkuliahan nantinya. Jadi, cari tau dulu jurusan yang kamu inginkan, kampus yang kamu tuju, lalu berlanjut ke biaya kuliah kelas karyawannya ya.

2. Cari program studi yang bisa menunjang karir

Tips yang selanjutnya adalah kamu harus memilih dan menentukan program studi yang diikuti secara akurat. Kalau kamu berniat untuk mengikuti kuliah kelas karyawan ini dengan tujuan untuk meningkatkan karir, maka kamu bisa memilih program studi yang sesuai dengan pekerjaanmu.

Namun, jika kamu ingin mengikuti kelas karyawan untuk mengembangkan skill dan pengetahuanmu, maka carilah jurusan yang memang sesuai dengan minat dan passion.

3.Buat perencanaan yang matang

Gak mudah nih tentunya untuk bisa membagi waktu antara kerja dan belajar jadi kamu perlu melakukan perencanaan yang matang dalam waktu yang panjang. Dengan membuat perencanaan yang matang, kamu juga akan terhindar dari jadwal yang tabrakan nih. Jadi, kamu tetap bisa mengikuti meeting dengan santai tanpa harus memikirkan jadwal kuliahmu.

4. Harus pandai membagi waktu

Tips selanjutnya adalah kamu harus pintar untuk membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Pastinya gak akan mudah loh untuk bisa mengerjakan dua hal sekaligus, sehingga kamu penting banget untuk bisa membagi waktu secara jelas agar gak kesulitan ya.

5. Pertimbangkan kelas online

Nah, kuliah kelas ini ada dua program, yang pertama adalah program pembelajaran tatap muka, yang kedua adalah program kuliah kelas online. Jika kamu merasa statusmu sebagai karyawan cukup padat, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kuliah kelas online loh. Jadi, kamu bisa menghemat banyak waktu untuk bisa mengikuti kuliah kelas karyawan.

Ada dua rekomendasi kuliah kelas karyawan yang bisa kamu daftarkan melalui aplikasi goKampus loh yaitu di Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Universitas Jayabaya, yaitu:

1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kalau kamu memiliki dana yang cukup, gak ada salahnya nih kalau kamu mencoba untuk mengambil kuliah kelas karyawan di UPH. meskipun kuliah ini bisa tergolong agak mahal, namun fasilitas dan ilmu yang kamu dapatkan akan sesuai untuk menunjang pembelajaranmu loh.

2. Universitas Jayabaya

Universitas Jayabaya merupakan kampus yang sangat baik untuk para karyawan yang ingin kuliah. Selain kuliah malam, universitas ini juga menyediakan kuliah di akhir pekan bagi para karyawan. Kalau kamu mencari kampus kelas karyawan dengan biaya yang murah, Universitas Jayabaya menjadi salah satu pilihan kamu.Walaupun dengan biaya kuliah yang murah, kampus ini cukup bersaing di kancah nasional jika dilihat dari alumni dan prestasinya.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-