Bagikan
scoll top
 
goKampus

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst? Cari Tahu, Yuk!

.
Bagikan

Kamu ingin mengembangkan karier di bidang analisis data? Ada baiknya kamu mengetahui seluk beluk dari tugas dan tanggung jawab data analyst terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu dapat menjadi data analyst yang andal dan bertanggung jawab dalam menjalankan peranmu nanti di sebuah perusahaan yang membutuhkan kemampuanmu.

Perkembangan data yang tidak berhenti dari tahun ke tahun membutuhkan makin banyak data analyst yang kompeten. Untuk pekerjaan yang satu ini, lebih berfokus pada berbagai jenis data untuk kebutuhan tertentu. Umumnya, pemanfaatan data untuk perusahaan atau lembaga untuk mengambil keputusan penting bagi pengembangan bisnis. Bahkan, ada juga lembaga pemerintahan menggunakannya sebagai modal membuat kebijakan. 

Apa Sih Tugas Data Analyst?

1. Mengumpulkan data 

Ini tugas utama dan paling mendasar dari seorang data analyst yaitu mengumpulkan data. Kamu bisa memulainya dengan ,endapatkan data dari database perusahaan atau mengekstraknya dari sumber eksternal untuk melakukan penelitian dan analisis lebih lanjut.

2. Membersihkan data

Sebelum memulai analisis, data analyst harus melakukan proses pembersihan data yang menyeluruh. Analisis yang baik bertumpu pada data yang bersih. Pembersihan melibatkan penghapusan data yang dapat mengganggu analisis kamu atau tidak sesuai dengan tujuan dari analisismu.

3. Berpikir logis dan analitis

Saat melakukan analisis data, data analyst mengikuti proses evaluasi data menggunakan penalaran analitis dan logis untuk memeriksa setiap komponen data yang ada. Biasanya menggunakan alat statistik untuk menganalisis dan menafsirkan data. Di sini, ada berbagai alat dan bahasa pemrograman yang biasanya data analyst untuk membantunya mengerjakan analisisnya. 

4. Menemukan tren, korelasi, dan pola

Setelah data siap untuk dianalisis, data analyst bertugas untuk menemukan tren, korelasi, dan pola dalam kumpulan data yang rumit. Di sini, data analyst mencari tren jangka pendek dan jangka panjang. Nantinya, hasil dari temuan ini dapat memahami gimana kinerja suatu bisnis dan memprediksi praktik bisnis saat ini. Lewat temuan ini, perusahaan atau lembaga dapat membenahi atau mengambil keputusan yang diperlukan bagi keberlangsungan perusahaan atau lembaga.

5. Terampil dalam presentasi juga salah satu tugas data analyst

Jika kamu berpikir seorang data analyst hanya akan berdiam diri di depan komputer. Maka perkiraanmu salah besar. Seorang data analyst harus mampu berkomunikasi dengan baik. Bahkan dituntut mampu menceritakan kisah yang menarik dengan data sangat penting untuk menyampaikan maksud dari analisismu dan mempertahankan gagasanmu. Karena itu, visualisasi data cukup diperlukan juga. Data analyst, umumnya, menggunakan bagan dan grafik yang menarik dan berkualitas tinggi untuk mempresentasikan temuannya dengan cara yang jelas dan ringkas.

6. Teliti dalam penyimpanan

Data analyst harus memastikan bahwa penyimpanan, ketersediaan, dan koherensi data yang disimpan secara elektronik memenuhi kebutuhan organisasi. Data analyst perlu memiliki keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain database untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Apa Saja Tanggung Jawabnya Data Analyst?

Selain tugas, ada juga tanggung jawab yang harus kamu penuhi jika kelak menjadi seorang data analyst di suatu perusahaan atau lembaga. Ini tanggung jawab yang perlu kamu kerjakan:

  1. Menganalisis dan menafsirkan kumpulan daya yang berkaitan dengan bisnis perusahaan
  2. Menyediakan panduan dan pemetaan terkait sektor dan pesaing di bidang bisnis tersebut.
  3. Merancang dan melaksanakan survei dan menganalisis data survei.
  4. Memantau dan mengaudit kualitas data.
  5. Memperhatikan algoritma yang berpusat pada pelangaan dan menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan dari bisnis tersebut.
  6. Melakukan penelitian dan analisis data konsumen.
  7. Bekerja sama dengan klien internal dan eksternal untuk memahami konten data.
  8. Membuat dashboard data, grafik, dan visualisasi.
  9. Membantu menerjemahkan data ke dalam visualisasi, metrik, dan tujuan.
  10. Mengembangkan manajemen arsip yang baik.

Jadi, sudah sudah tahu kan apa saja tugas data analyst? Bagi kamu fresh graduate atau saat ini berada di entry level, agar kemampuan analisis data yang kamu miliki menarik perhatian recruiter, cobalah untuk mengikuti course bersertifikat yang dapat upgrade skill dan menambah beragam insight seputar data.

Namun, bagi kamu yang saat ini sudah di posisi senior atau leader, mendalami big data juga gak kalah penting, apalagi di era transformasi digital. Kehadiran big data pada transformasi digital dapat menjadi solusi dalam mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, hingga memprediksi peluang bisnis di masa depan.

Nah, kalau kamu tertarik mendalami dan explore tentang peran data dalam transformasi digital untuk mengembangkan bisnis dan melihat peluang ke depannya, bisa ikutan kelas NUS Digital Transformation Executive MasterClass di sini.

Di kelas tersebut, kamu akan belajar dan banyak beragam insight, mulai dari digital business model, mempersiapkan transformasi digital roadmap, memahami landscape sistem IT, hingga menggunakan data analytics dalam transformasi digital.

Yuk, belajar langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya! Kamu bisa ikuti kelasnya secara online dan dapat sertifikat dari institusi terbaik pertama di Asia, National University of Singapore. Pastinya kemampuanmu akan diakui global. Sign up sekarang, yuk!

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-