Bagikan
scoll top
 
goKampus

World Youth Skills Day, Momen Bangkitkan Semangat Kerja Generasi Muda!

.
Bagikan

Kamu pernah dengar World Youth Skills Day? Apa sih itu? Buat kamu yang baru tahu atau belum pernah dengar sama sekali, merapat yuk! Perayaan Hari Keterampilan Pemuda Dunia atau sering disebut World Youth Skills Day adalah pada 15 Juli setiap tahunnya. World Youth Skills Day adalah salah satu hari penting dalam kalender PBB dan didirikan oleh Majelis Umum PBB pada 11 November 2014.

World Youth Skills Day (WYSD) sendiri bertujuan untuk membuat dan meningkatkan keterampilan (upgrade skill) generasi muda agar bisa mengurangi pengangguran di negara-negara berkembang. PBB menyerukan World Youth Skills Day sebagai cara tepat untuk pemerintah bisa mendidik dan membantu orang-orang muda mengatasi rintangan tentang pekerjaan mereka.

Baca Juga: Daftar Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Peran World Youth Skills Day Pada Pendidikan Vokasi

Ternyata, banyak masyarakat dunia yang menyoroti pentingnya keterampilan yang terus meningkat saat dunia memulai transisi menuju model pembangunan yang berkelanjutan. Melalui pendidikan dan pelatihan kejuruan (pendidikan vokasi), menjadi target pencapaian agenda dunia 2030 loh. 

Menurut Visi Deklarasi Incheon, pendidikan pada 2030 nantinya dapat memberikan perhatian yang cukup besar pada pengembangan pendidikan vokasi, terutama akses ke pendidikan vokasi berkualitas terjangkau. Selain itu, perolehan keterampilan teknis dan kejuruan untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak dan kewirausahaan juga layak diperjuangkan. Ada juga penghapusan disparitas gender dan memastikan akses bagi yang rentan.

Dalam hal ini, harapannya adalah pendidikan vokasi bisa menjawab berbagai tuntutan ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan membantu generasi muda dan dewasa dalam mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk pekerjaan. Pekerjaan yang layak dan kewirausahaan, mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang adil secara inklusif dan berkelanjutan, serta mendukung transisi.

Kalau menurut situs resmi PBB, perkiraan terbaru menunjukkan bahwa setidaknya ada 600 juta pekerjaan tercipta dalam 15 tahun ke depan. Hal tersebut pastinya untuk memenuhi kebutuhan lapangan kerja kaum muda sekarang. Semoga terwujud ya guys!

Menjawab Tantangan Kebutuhan Kerja

World Youth skills day tahun 2022 tanggal 15 Juli nanti juga akan menjadi tantangan baru loh. Sebab, perayaannya berlangsung di tengah upaya bersama menuju pemulihan sosial-ekonomi dari pandemi COVID 19.

Kabar baiknya, sekitar 30 persen wanita muda yang tidak memiliki pekerjaan, saat ini sedang menjalani pelatihan. Sementara, 13 persen kaum pria di seluruh dunia juga melakukan hal yang sama. Perkiraannya, pertumbuhan kaum muda akan mencapai lebih dari 78 juta mulai tahun 2021 hingga 2030. Negara-negara berpenghasilan rendah juga akan menyumbang hampir setengah dari peningkatan tersebut. Maka dari itu, sistem pendidikan dan pelatihan juga harus berbenah untuk menjawab tantangan ini.

Gimana guys? Kamu sudah mempersiapkan untuk terus mengasah kemampuan dan menambah wawasan untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang? Yuk, ambil bagian dalam perayaan World Youth Skills Day 2022 dengan terus meng-upgrade skill kamu dan bisa membuka lapangan kerja di masa depan. Caranya mudah kok! Kamu bisa mengasah skill, menggali ilmu dan potensi terbaikmu dengan menciptakan peluangmu di dunia kerja masa depan dengan ikutan course di goKampus.

Join course goKampus, kamu gak hanya upgrade skill dan insights dari pakar aja loh! Kamu juga bisa ikutan courses dari mana pun secara online dan bisa dapat sertifikat dari institusi terbaik dunia. Mantap kan!

Bertepatan dengan World Youth Skills Day 2022, goKampus bagi-bagi voucher potongan buat kamu yang daftar courses menggunakan kode voucher GOWYSD22 selama periode 15-31 Juli 2022. Jangan lewatkan kesempatannya biar bisa #LearnBetterGoFaster bareng goKampus! Yuk, cek kelas special promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-