gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Yang Perlu Kamu Tahu Soal Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang lagi naik daun ini di angkatan 2020 saat ini adalah jurusan teknik informatika nih. Apalagi kalau kita sudah membahas dan menyangkut ke bidang industri 4.0, wah pastinya lulusan mahasiswa jurusan teknik informatika bakal banyak banget nih peminatnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan Teknik Informatika pasti sudah gak asing lagi buat kamu. 

Nah, dengan bertumbuhnya teknologi informasi yang semakin cepat maka bisa banget nih menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan profesi IT di Indonesia. Gak heran lagi, kenapa jurusan Teknik Informatika akhir-akhir ini semakin digemari dan diminati calon mahasiswa baru. Selain prospek kerja yang luas, mengambil jurusan kuliah perlu mempertimbangkan berbagai hal, karena jurusan kuliah bisa mempengaruhi keseriusan kamu nantinya sebagai mahasiswa dalam menjalani kehidupan kuliah.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika sebenarnya mempunyai peluang yang cukup besar untuk dapat membiayai kuliah dengan uang yang kamu hasilkan sendiri. Asalkan kamu memiliki kemauan dalam belajar dan keahlian di bidang IT.

Bahkan, jurusan Teknik Informatika menjadi jurusan terketat di prodi Sains dan Teknologi (Saintek) di SNMPTN 2020 loh! Memangnya apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika? Kenapa banyak yang minat ya? goKampus akan mengupas tuntas semua yang kamu tanyain tentang jurusan teknik informatika dan prospek kerjanya. Kepoin yuk!

1. Apa itu jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah ilmu yang menggabungkan serta mempelajari prinsip terkait dengan teknologi komputer dan matematika yang kemudian diterapkan untuk pembuatan, pengembangan, dan pengujian untuk perangkat lunak atau software, aplikasi, sistem operasi dan kerja komputer.

Kurang lebih selama kamu kuliah nantinya akan belajar dari pembuatan aplikasi hingga pengujiannya. Buat kamu yang punya ketertarikan di bidang teknologi, jurusan ini cocok banget buat kamu!

Dan beberapa keahlian dan kemampuan yang harus kamu miliki antara lain adalah kamu harus memiliki kemampuan untuk melakukan analisis, karena dengan kemampuan itu kamu juga melatih diri untuk berpikir logis. Nah, berpikir logis ini juga bisa membantu kamu untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara runtut. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk memahami bahasa pemrograman serta kamu juga akan memiliki keterampilan dalam melakukan rekayasa informatika.

2. Teknik Informatika belajar apa aja sih?

Setiap harinya kamu akan belajar algoritma, coding, pemrograman, sistem jaringan, kriptografi, dan lain-lain. Kalau kamu memutuskan untuk memilih jurusan Teknik Informatika, maka kamu akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kamu akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Dalam prosesnya, kamu akan banyak membuat flowchart alias bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus kamu miliki.

Nah, diharapkan sih buat kamu semua nih yang pengen ambil jurusan teknik informatika, setidaknya kamu menyukai dan memahami logika serta matematika sebagai dasar pembelajarannya. Kedengarannya memang rumit tapi semua akan diajarkan dari awal kok!

3. Kenapa kita harus memilih jurusan teknik informatika?

Peminat jurusan ini setiap tahunnya akan selalu meningkat, nah bahkan meskipun jurusan teknik informatika bisa dibilang cukup asing bagi anak-anak IPS, tapi gak dengan anak-anak SMA kelas 12 yang ambil jurusan IPA loh. Bahkan jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya dan mahasiswanya selalu bertambah. Yah.. bisa dikatakan juga bahwa jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan terfavorit yang ada di Indonesia.

Nah, kamu bisa mengambil program studi jurusan teknik informatika di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), karena jurusan teknik informatika UPH menawarkan kurikulum yang komprehensif dalam bidang pemrograman, basis data, dan pengembangan teknologi lunak. Tentunya kamu akan ditantang terus untuk mengikuti kemajuan teknologi dalam industri ini.

4. Nanti bisa kerja jadi apa?

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika banyak banget loh! Kamu punya kesempatan besar untuk bisa kerja di startup, perusahaan BUMN atau swasta, atau instansi pemerintah. Yang familiar adalah menjadi software engineer dimana kamu akan bekerja untuk merancang, mengelola, hingga mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh. Beberapa di antaranya adalah:

Baca Juga : Menelusuri Mata Kuliah Di Jurusan Ilmu Hukum

1. Software Engineer

Sebagai seorang software engineer, kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

2. Software Developer

Software developer menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

3. Data Scientist

Menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah dipahami.

4. Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika bisa juga jadi Konsultan IT, di mana kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan IT bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

5. Programmer

Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

6.Software Developer

Software developer merupakan profesi yang berperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

7. Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

8. System Analyst

System analyst bertugas menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. System analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang diterima oleh system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

9. Database Engineer

Database engineer bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini bagi fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah jika Kamu sudah berpengalaman.

10. IT Executive

IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Gimana? Sudah kebayang kan bagaimana jurusan Teknik Informatika di UPH dan prospek kerjanya? Kunjungi halaman UPH ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut seputar jurusan ya!

Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-