gk

goKampus App

Satu app Urusan Kampus Beres

Bagikan
scoll top
 
goKampus

Yuk, Angkat Reputasi Dengan Sertifikasi

.
Bagikan

Pernah kepikiran, “Kuliah nanti, aku sekalian buat sertifikat ah biar setelah lulus mudah dapat kerja”? Kalau memikirkan hal itu bahkan sebelum kamu mulai kuliah, artinya kamu sadar kalau sertifikasi, apalagi dari luar negeri, bisa menunjukkan profesional seseorang ketika hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Alasannya, ketika nanti kamu masuk ke dalam dunia kerja, yang dilihat bukan tingkat pendidikannya saja loh, tapi juga skill atau kemampuan yang kamu dedikasikan untuk perusahaan yang dilamar nantinya. Dengan adanya sertifikasi, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan ketika nantinya melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Apa saja?

1. Sertifikasi Profesional Membuktikan Kompetensi

Keuntungan pertama adalah sebagai tanda bukti bahwa kamu memang memiliki kompetensi sesuai bidangnya. Tentu saja, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kamu mengisi posisi pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

2. Mengangkat Karier Di Masa Depan

Dengan mengantongi sertifikasi profesional, setidaknya kamu bisa menjamin karier pekerjaan di masa depan yang lebih baik. Hal ini bisa terlihat dari cara kerja yang kamu lakukan dari hari ke hari yang semakin baik dan juga semakin profesional berkat keahlian yang kamu miliki. Asik kan!

3. Kesempatan Karier Lebih Luas

Berbekal sertifikasi yang kamu miliki, maka membuka kesempatan karier yang lebih luas juga nih. Bukan hanya untuk cakupan dalam negeri saja, tapi juga bisa berkembang luas sampai ke luar negeri.

4. Mampu Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Baik

Karena telah mendapatkan pelatihan dari tempat sertifikasi profesional, hal itu membuktikan kalau kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik secara profesional. Jadi, gak menutup kemungkinan jika perusahaan nantinya juga akan puas dengan hasil kerjamu.

5. Membangun Kredibilitas Profesional

Sertifikasi profesional juga menunjukkan komitmen terhadap profesionalisme kamu yang unggul, punya standar industri tinggi, dan pembelajaran berkelanjutan. Hal ini membantu kamu dalam meningkatkan kredibilitas profesional dalam jaringan.

Cara Memilih Lembaga Sertifikasi yang Oke Berkualitas Dunia?

Ada banyak lembaga sertifikasi yang memberikan klaim terbaik dan tepercaya. Cuma, gak semua lembaga punya akreditasi oke berkualitas dunia buat menunjang kualitas dan kredibilitas yang kamu miliki. Kamu harus pintar memilih tempat yang tepat nih!

1. Pilih Lembaga Sertifikasi Profesi yang Diakui Negara

Pastikan lembaga tersebut memiliki lisensi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP merupakan lembaga independen yang bertanggung jawab kepada Presiden berdasarkan dasar hukum Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Kamu bisa mendaftarkan sertifikasi di lembaga yang sudah memiliki lisensi resmi seperti LPS Teknologi Digital.

2. Perhitungkan Juga Soal Biaya

Untuk mengikuti sertifikasi tentu gak gratis. Kamu perlu mengeluarkan modal untuk biaya proses sertifikasi. Pastikan modal yang kamu keluarkan gak sia-sia hanya karena salah pilih tempat. Caranya mudah, pertama cari pasaran harga sertifikasi dari lembaga. Kemudian, pilih lembaga yang menawarkan jasa sertifikasi dengan harga yang wajar. Hindari biaya sertifikasi yang harganya terlalu murah atau terlampau mahal.

3. Cek Semua Testimoni

Lihat testimoni orang-orang yang sudah ikut sertifikasi. Bisa cek di google review, google search, atau bertanya kepada teman di sosial media. Testimoni sangat membantu untuk melihat penilaian orang-orang tentang pengalamannya menjalani sertifikasi.

4. Periksa Ketersediaan Bidangmu

Jika sudah menemukan lembaga yang oke di hati, pastikan menyediakan sertifikasi di bidang minat dan pekerjaanmu ya. Sebelum mendaftar, periksa dengan lengkap persyaratannya. Siapkan juga dokumen-dokumen yang diperlukan.

5. Bisa Memberikan Sertifikasi Nasional Hingga Internasional

Cek lembaga sertifikasi yang kamu pilih sudah tergabung di International Organization for Standardization (ISO) untuk standarisasi internasional dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk standarisasi nasional. Tujuannya? Supaya sertifikat yang kamu terima terlihat valid oleh perusahaan nasional maupun internasional. Jadi, nilai jual kamu terlihat lebih kompeten jika memiliki salah satu atau punya keduanya.

Salah satu contoh lembaga sertifikasi yang punya reputasi bagus dan mendapatkan pengakuan dunia adalah EduTrust di Singapura. Dikelola oleh Dewan Pendidikan Swasta Singapura, EduTrust menjamin kualitas kesehatan finansial lembaga pendidikan swasta dan suatu standar dalam pengelolaan layanan pendidikan.

“Seandainya Sertifikasiku Berasal Dari Singapura”

Tenang, banyak jalan untuk meraih cita-citamu kalau mau punya sertifikasi yang bagus. Selama mau berusaha, pasti ada cara untuk mendapatkan sertifikat asal Negeri Singa tersebut. Kenapa harus punya sertifikasi dari Singapura?

1. Jadi Standar Pendidikan Global

Singapura menjadi rumah bagi universitas swasta dengan kelas-kelas berstandar global dan memiliki beragam ketentuan di kampus. Salah satu keunggulan universitas di Singapura adalah hubungan mereka dengan universitas lain di seluruh dunia, jangkauan luas, dan koneksi industri yang kuat sehingga punya peran penting selama penempatan kerja pada akhir semester.

2. Jaringan Siswa Internasional

Nah, selama menempuh pendidikan di Singapura, siswa akan mengenal berbagai budaya. Sebagai tujuan wisata bagi siswa internasional, Singapura melihat bahwa sebagian besar siswa internasionalnya datang dari Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. 

Nah, dengan memiliki sertifikasi dari Singapura, kamu berpeluang untuk meningkatkan “nilai jualmu” ketika hendak melamar kerja nanti. Soalnya, perusahaan mengenalmu sebagai pribadi yang supel dan memiliki jaringan pertemanan internasional. Asik kan!

3. Bukti Kamu Punya Keahlian Yang Dibutuhkan

Sistem pendidikan di Singapura mendorong kerja proyek dan pemikiran kreatif, sehingga lulusannya memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan praktis yang akan membantu memecahkan tantangan di dunia nyata. Soalnya, di dalam dunia kerja pesaingmu juga pasti memiliki keahlian yang gak jauh berbeda denganmu, atau bahkan mungkin lebih bagus.

Kamu akan memiliki keuntungan dengan memiliki Sertifikasi Singapura karena keahlian dan pengetahuanmu telah terbukti. Pencari kerja pun cenderung akan memilih mereka yang telah memiliki bukti nyata dibandingkan kandidat yang belum teruji.

4. Sertifikasiku Bikin Jalan Karirku Lebih WOW!

Bagi kamu yang bermimpi bekerja di luar negeri atau mau bekerja sama dengan klien dari luar negeri, sertifikasi dari Singapura jadi tiket utama yang harus kamu miliki nih! Soalnya, sebagian besar hiring manager menganggap bahwa sertifikasi menjadi kriteria utama saat proses perekrutan.

5. Meningkatkan Kredibilitas Dan Kualitasmu!

Selama proses mendapatkan sertifikasi, skill dan pengetahuanmu otomatis juga bertambah. Misalnya kamu mau mendalami konsep-konsep dasar pemasaran dan ilmu terkait lainnya supaya bisa meningkatkan kredibilitas dan kualitasmu di bidang tersebut. Nah, di titik ini kamu akan jauh lebih menguasai bidang tersebut sehingga kamu bisa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan kualitas yang lebih optimal.

Berguna Juga Buat Reputasi Bisnis Loh!

Sertifikasi juga sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis. Pernah dengar sertifikasi ISO? Nah, buat kamu yang mau memulai sebuah usaha atau bisnis, sertifikasi ISO sangat dibutuhkan loh.

ISO (The International Organization for Standardization) adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen.

Situs OSS Certification melansir, ada beberapa manfaat dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan.

1. Bisa Meningkatkan Kredibilitas Dan Kepercayaan

Dengan mengutamakan sistem manajemen berkualitas, sebuah perusahaan dapat menjamin kredibilitas mereka. Kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan. Apabila terdapat sesuatu hal yang tidak beres, maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Kredibilitas ini juga akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Kualitas Berstandar Internasional

Untuk mendapatkan standardisasi ISO, sebuah perusahaan harus melalui siklus PDCA, yaitu identifikasi, analisa, dan eksekusi dalam penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus ini adalah prinsip internasional yang hadir di berbagai jenis industri loh.

3. Lebih Hemat Biaya

Sertifikasi ISO juga memungkinkan suatu perusahaan menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun, maka bisa mengantisipasi dengan cepat. Secara gak langsung, mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja buruk.

4. Kinerja Karyawan Lebih Optimal

Berkat prinsip manajemen mutu, membuat seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif mudah mengikuti kebijakan perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka sesuai standar ISO.

5. Meningkatkan Image

Keuntungan paling jelas dari perusahaan yang mendapatkan sertifikasi ISO adalah image atau brand perusahaan menjadi lebih positif. Selain itu, secara lambat laun juga bisa meningkatkan laba perusahaan.

Nah, kalau kamu bercita-cita supaya bisa bekerja di perusahaan dengan sertifikasi ISO, pastikan kamu sendiri punya sertifikasi yang bonafide ya. Misalnya kamu sertifikat dari luar negeri seperti Singapura. Apalagi, salah satu universitas di Singapura, yaitu Nanyang Technological University yang memberikan akses buat kamu yang ingin upgrade skill dan memberikan jaminan kemudahan untuk mendapatkan kerja di perusahaan bonafide.

Ada kelas dari Nanyang Technological University Singapore (NTU) yang bisa kamu ikuti secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau. Ada diskon up to 65% dan cicilan Rp700 ribu/bulan! Tertarik, kamu bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

goKampus University

Daftar kuliah, satu jam diterima pakai goKampus!

Bisa pilih ratusan kampus swasta dalam dan luar negeri! Dapatkan cashback up to Rp 500.000,-